Informasi Seputar Strategi Bisnis Dan Peluang Usaha

Sabtu, 17 Desember 2016

Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis

Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis -   Peluang Usaha Ternak Lovebird . Burung Lovebird merupakan salah satu burung primadona yang banyak digandrungi oleh masyarakat . Burung yang menjadi simbol kesetiaan ini memiliki basic penggemar yang cukup banyak . Sehingga merupakan sebuah peluang usaha yang mungkin untuk kita dalami. 

Burung Lovebird dikenal cukup mudah dalam perawatannya , harga dipasaran cukup tinggi , kembali lagi ini peluang untuk anda yang hoby sekaligus ingin berbisnis. Langsung saja berikut uraian selengkapnya mengenai Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis . 

Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis


1. Persiapan kandang atau sangkar Lovebird

  • Persiapkan perlengkapan untuk kandang lovebird menggunakan kawat ram atau jenis sangkar besi dengan ukuran PxLxT 50x50x50 cm yang bisa digunakan untuk sepasang lovebird. Selain itu persiapkan pula tempat untuk bertelur dengan memakai kotak kayu dengan ukuran PxLxT 25x20x25 cm dan jangan lupa pasang tempat tenggeran burung.


2. Pemilihan Bibit Lovebird

  • Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis lovebird mulai dari lovebird mawar, fisher lovebird, dan lovebird leher kuning. Dari jenis-jenis lovebird yang kami sebutkan tersebut, semuanya memiliki sifat not sexually dimorphic yang artinya antara si jantan dan betina mempunyai bentuk yang sama atau bisa dikatakan kembar identik. Dilihat secara fisik memang burung lovebird cukup susah untuk dibedakan, diperlukan pengalaman serta teknik khusus.

  • Kadang kala peternak tertipu dengan sepasang lovebird yang kelihatannya kawin namun ternyata kedua burung tersebut mempunyai jenis kelamin yang sama. Cara membedakan kelaminnya yaitu memasangkan sepasang lovebird dalam satu sangkar, jika dalam 2 minggu setelah masa kawin tidak menghasilkan telur maka jenis lovebird yang dipasangkan tadi bisa dibilang berkelamin jantan. Namun jika dalam 2 minggu lovebird bertelur lebih dari 6 butir bisa diindikasikan jenis lovebird tersebut betina semua. Pada umumnya peternak membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung lovebird dengan cara meraba tulang belakangnya. Jika kedua jarak tulang supitnya renggang dan terasa lentur, maka diprediksi burung tersebut berkelamin betina. Sedangkan untuk jenis kelamin jantan tulang supit nya sempit dan terasa agak keras. Namun cara di atas belum tentu benar 100%, cara yang paling tepat dan benar adalah melalui tes darah, namun cara ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit

3. Penjodohan Lovebird

  • Langkah berikut adalah menjodohkan dan mengawinkan lovebird. Satu hal yang dapat anda lakukan ketika melakukan penjodohan paruh bengkok ini yaitu mendekatkan kedua lovebird agar mereka saling mengenal kemudian berjodoh.
  • Saat pertama kali mereka diternak sebaiknya jangan langsung dikumpulkan jadi satu karena mereka bias saja berantem. Parahnya ketika mereka bertarung biasanya objek sasaran mereka adalah kaki-kaki burung tersebut sehingga bisa mengakibatkan kakinya luka dan patah.

  • Adapun tips lain agar kedua lovebird cepat berjodoh adalah sering menjemur kedua calon indukan lovebird saling berdekatan, dengan begitu keduanya akan saling mengenal satu sama lain. Dan yang jelas tingkat birahinya akan membaik sehingga bisa memacunya agar cepat berjodoh.


4. Proses bertelur dan mengerami Lovebird

  • Lovebird akan bertelur di dalam glodok yang telah disediakan. Jangan lupa tempat ia bertelur juga dilengkapi serutan kayu yang telah kering lalu di di atasnya daun cemara kering atau rumput kering untuk hasil lebih baik.
  • Burung pesolek ini bisa dikatakan bertelur normal tatkala jumlah telur yang dihasilkan berjumlah minimal 4-5 butir. Bila kurang dari itu maka produksinya bisa dikatakan kurang baik atau bisa juga karena masih baru belajar bertelur, hal ini wajar.
  • Telur-telur lovebird akan muali dierami ketika semua telur sudah keluar semua dalam tubuh induk betina, lama pengeraman akan berlangsung sampai 22-25 hari.
  • Sebaiknya selama proses mengerami kedua indukan jangan sesekali diganggu dengan cara sering melihat telur di dalam glodok agar mereka tidak stres sehingga banyak kejadian lalu telur ditinggal tidak dierami. Namun bila burung anda sudah terbiasa dilihat telurnya maupun anakannya ketika diloloh itu tidak masalah. Jika tidak terbiasa... lebih baik jangan.


5. Makanan anakan lovebird

  • Lebih tepatnya ialah makanan indukan lovebird yang sedang meloloh anakan baru menetas hingga siap sapih. Pakan khusus anakan lovebird yang baru menetas merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan anda dalam beternak lovebird ini. Pasalnya jika anda sembarangan dalam memberikan pakan indukan yang sedang meloloh piyik maka usaha anda selama ini bisa gagal sebab piyik-piyik lovebird yag telah berhasil menetas tersebut bisa mati karena pakan yang dikonsumsi kurang tepat.
  • Pakan lovebird yang sedang menyuapi anakan adalah jagung muda dan por fancy yang warna hijau namun rekan-rekan juga sering memberikan por ayam pedaging dengan harapan piyik lebih cepat bongsor dan tidak gampang mati, ternyata betul anakan jadi cepat besar. Tapi jangan lupa untuk tetap memberikan pakan biji-bijian mix sebab itulah makanan utama lovebird.


6. Menyapih anakan lovebird

  • Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menyapih anakan lovebird. Pertama anda menyapih anakan ketika umurnya baru 2-3 minggu. Pada usia segitu anakan masih belum bisa mandiri maka dari itu anda pun harus meloloh piyik tersebut, adapun tujuan menyapih anakan di usia dini agar kedua indukan cepat bertelur kembali.
  • Akan tetapi jika anda tidak mau repot-repot meloloh anakan sendiri sebaiknya membiarkan kedua indukan membesarkan anakannya sendiri. Penting untuk selalu meneydiakan makanan yang cukup di dalam sangkar agar mereka tidak kekurangan pakan sehingga bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan anakan lovebird tersebut.

  • Setelah anakan keluar dari sarang yaitu sekitar umur 1,5 bulanan maka  siap-siap dipisah, kemudian sangkar dan glodok bersihkan serta bahan sarang sebaiknya dibuang dan diganti yang baru. Lalu kedua indukan dimandikan kemudian dijemur dalam artian dikondisikan lagi untuk beberapa hari agar mereka siap untuk berkembang biak kembali.
TIPS : Penanganan pasca menetas


  • Cara ternak lovebird pada tahap pasca menetas memang salah satu tahap yang paling menegangkan. Untuk itu biarkan indukan merawat anaknya hingga anaknya dengan sendirinya keluar dari sarang.sebelum itu dari awal anakan menetas pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering harus ada untuk proses lolohan.
  • Sekedar info 1 indukan bisa menghasilkan 2-4 ekor anak burung lovebird.
  • Untuk sementara burung love bird yang kita sapih masih harus ada makanan yang lembut karena usus mereka belum mampu untuk memakan biji-bijian keras secara langsung.contoh kita bisa berikan jagung muda yang dipasrah dan dicampur pelet. 2 minggu setelahnya baru pengenalan milet dan makanan tambahan lainnya.
Demikianlah informasi mengenai Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis . Kunjungi juga informasi menarik lainya seperti Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Hasil Fantastis. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis

0 komentar:

Poskan Komentar