Informasi Seputar Strategi Bisnis Dan Peluang Usaha

Senin, 19 Desember 2016

Cara Tepat Ternak Ayam Kampung Hasil Fantastis

Cara Tepat Ternak Ayam Kampung Hasil Fantastis -  Peluang Usaha Ternak ayam kampung dewasa ini cukup menjanjikan . Permintaan ketersediaan daging ayam kampung cukup banyak dari masyarakat . Sehingga usaha ini tergolong usaha yang cukup menggiurkan jika ditekuni dengan benar. 

Sistem ternak ayam kampung

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ada berbagai metode ternak ayam kampung. Yaitu dengan sistem umbaran dan semi intensif. Metode ternak ini menentukan tipe kandang yang harus disiapkan.

a. Sistem umbaran

  • Untuk ternak ayam kampung sistem umbaran, tidak ada ketentuan bentuk kandang. Oleh karena itu sering juga disebut kandang asalan. Hal terpenting kandang tersebut bisa melindungi ayam dari dinginnya malam dan tangan-tangan jahil. Payam sistem umbaran, ayam dibiarkan lepas liar. Pada pagi hari ayam dilepaskan dan menjelang sore ayam dimasukkan dalam kandang.
  • Sistem umbaran ini cocok dilakukan di desa-desa yang masih huniannya masih memiliki pekarangan luas. Dengan sistem umbaran, peternak lebih hemat dalam memberikan pakan dan perawatan harian. Ayam biasanya mencari tambahan pakan sendiri. Namun kelemahannya, produktivitas ternak ayam kampung dengan sistem ini sangat rendah. Selain itu, ayam menjadi liar bahkan sampai tidak mau masuk kandang dan tidur dengan bertengger di pohon-pohon.
  • Perkawinan pada ternak ayam kampung sistem umbaran terjadi secara alami seperti di alam bebas. Biasanya betina yang bertelur akan mengerami telurnya sendiri hingga menetas dan memelihara anak-anak mereka. Peternak hanya perlu menyediakan tempat mengeram yang nyaman bagi induk betina.


Panduan umum ternak ayam kampung

Dengan sistem umbaran, ayam tidak terkontrol dan lepas sekekendaknya, terkadang bercampur dengan tunggas lain.

b. Sistem semi intensif

  • Untuk sistem semi intensif bisa digunakan kandang tipe pekarangan. Kandang tipe ini berupa hamparan lahan yang sekelilingnya dipagari agar ayam tidak bisa keluar dari lingkungan kandang. Dalam areal kandang disediakan kandang terutup tempat ayam beristirahat atau berteduh dari hujan.
  • Tipe kandang pekarangan sebaiknya dibiarkan beralaskan tanah dan ditumbuhi hijauan seperti rerumputan. Sesekali tanah bisa dicangkuli agar tidak terlalu padat sehingga cacing tanah bisa tumbuh untuk pakan alami ayam. Tipa kandang lain seperti tipe postal dan tipe baterai jarang digunakan untuk ternak ayam kampung. Alasannya, karena biaya pembuatan dan operasionalnya tidak sebanding dengan produktivitas ayam kampung. Kecuali untuk beberapa jenis ayam buras lainnya seperti ayam arab, ayam poncin, ayam nunukan dan ayam kampung unggul hasil silangan.

Menentukan Tempat usaha

  • Menentukan lokasi usaha ibarat kita akan memilih rumah atau tempat tinggal untuk keluarga kita. Biasanya ada dua masalah dalam penentuan lokasi usaha ini yaitu calon peternak yang sudah mempunyai persiapan lahan dan calon peternak yang belum mempunyai lahan. Faktor penentuan lokasi usaha seringkali diabaikan oleh calon peternak sehingga seringkali juga kita mendengar ada usaha peternakan yang berhenti ditengah jalan lantaran mendapat protes dari masyarakat sekitar dan tentu ini sangat merugikan. Secara umum lokasi untuk beternak ayam kampung dapat diusahakan di mana saja, akan tetapi kalau kita bisa memilih lokasi yang nyaman bagi ternak dan nyaman pula untuk masyarakat tentu itu sesuatu yang arif dan bijaksana. Lokasi untuk beternak ayam kampung sebisa mungkin terpisah dari permukiman penduduk minimal 10 meter. Yang perlu kita pertimbangkan adalah limbah bau amoniak yang ditimbulkan jangan sampai mengganggu warga sekitar. Lokasi ternak ayam kampung juga kalau bisa dekat dengan sumber air, sarana produksi ternak (sapronak), pasar , transportasi mudah, dan aman.
PEMBUATAN KANDANG AYAM


  • Kandang ayam harus dibuat agak tinggi agar selalu dalam keadaan kering.
  • Dinding kandang bagian depan terbuka dibuat dari bilah-bilah bambu, jangan lupa usahakan agar kandang mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup.
  • Kandang juga harus memiliki ventilasi yang cukup dan beberapa perlengkapan lain, misalnya tempat makan dan minum ayam yang ditaruh di muka kandang agar mudah dijangkau saat memberi makan dan minum pada ayam, tempat bertelur yang terbuat dari kayu yang berbentuk kotak yang alasnya diberi jerami kering juga harus ada, dan jangan lupa buatkan tempat bertengger dari kayu.

PEMILIHAN BIBIT AYAM KAMPUNG

  • Untuk pemilihan bibit anak ayam sebaiknya pilih anak ayam yang sehat dan gemuk. Gerakannya lincah dan bulunya mengkilat.
  • - Apabila bibit berasal dari telur, maka pilihlah telur yang berbentuk bulat dan hindari telur yang lonjong.

PEMBERIAN MAKANAN

  • Pakan atau makanan memegang peranan penting dalam menentukan pertumbuhan ayam. Pemberian makanan pada ayam hendaknya dilakukan sesuai dengan prosedur, dan tata cara pemberian pakan yang benar. Karena apabila pemberian pakan tidak benar dapat mengakibatkan pertumbuhan ayam kurang optimal dan pemeliharaan akan semakin lama dan tentunya menambah biaya produksi. Pemberian makanan untuk anak ayam umur 0-2 bulan diberi makanan berupa dedak, jagung, tepung ikan, yang telah ditambah dengan vitamin A, D dan Vitamin B komplek yang berupa minyak sebanyak 2% dari makanan yang diberikan.
  • Pemberian makanan ini harus secara teratur yaitu 2x sehari saat pagi dan sore hari.
  • Sedangkan untuk anak ayam umur 3 bulan keatas dapat diberi makanan yang dicampur hijauan, mineral ditambah campuran vitamin dan anitbiotik seperti vigofac, vitafak, TM10, MIX 1 atau dapat juga ditambah hijauan dan gif (tepung kulit kerang, bekicot, dan siput).

PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR


  • Dalam pemberian makanan dan minuman harus dilakukan secara teratur dan pastikan jangan sampai kurang. Makanan yang diberikan harus fresh dan hindari pemberian pakan yang sudah berjamur atau berbau karena dapat menurunkan kadar vitamin dan dapat juga menimbulkan penyakit.
  • Pastikan kandang ayam juga harus dalam keadaan bersih dan kering. Pastikan pemilihan lokasi peternakan atau kandang di daerah yang bebas penyakit. Karena sekali terkena penyakit maka akan mudah menular.
  • Apabila terdapat ayam yang sakit, maka harus segera dipisahkan agar tidak menular pada ayam lainnya.
  • Untuk pencegahanvirus penyakit berikanlah minuman yang dicampur dengan antibiotik setiap satu minggu sekali.
  • Vaksinasi juga perlu dilakukan secara teratur.
Demikian uraian lengkap mengenai Cara Tepat Ternak Ayam Kampung Hasil Fantastis . Kunjungi juga informasi menarik lainya seperti Cara Tepat Ternak Burung Lovebird Hasil Fantastis . Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Ternak Ayam Kampung Hasil Fantastis

0 komentar:

Poskan Komentar