Informasi Seputar Strategi Bisnis Dan Peluang Usaha

Sabtu, 17 Desember 2016

Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Hasil Fantastis

Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Hasil Fantastis -  Ikan Gurame merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki penggemar yang cukup banyak. Banyak jenis masakan yang dapat diolah melalui bahan utama ikan gurame. Sehingga tak mengherankan banyak yang menjadikan ikan gurame menjadi menu favorit . hal tersebut menyebabkan permintaan akan ketersediaannya ikan gurame cukup banyak . Hal tersebut merupakan salah satu peluang yang dapat kita manfaatkan . 



Persiapan Kolam Ikan Gurame
  • Usaha pembesaran ikan gurame dapat dilakukan pada kolam terpal maupun kolam beton. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan plankton atau makanan alami bagi benih ikan gurami. Ini dilakukan dengan mendiamkan air dalam kolam dalam beberapa hari atau bisa juga dengan menambahkan pupuk kompos agar makanan alami dapat tumbuh.

  • Kolam dibuat dengan menggali tanah dengan kedalaman 90cm selanjutnya pasang terpal yang dirangkai menyerupai bak. Beban terpal jangan terlalu berat sewaktu diberi air. Budidaya dalam kolam terpal juga memudahkan kita melakukan pembersihan dan penggantian air kolam. Selain itu kita juga mudah dalam menyedot kotoran-kotoran dalam kolam. Pembersihan kotoran ditujukan untuk menjaga kolam agar tetap sehat dan bersih.


Pembuatan Kolam Terpal Ikan Gurame

Pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame bisa di buat dengan dua jenis type :
1. Menggali tanah dengan kedalaman spesifik umumnya seputar 90 cm, lalu Terpal dipasang pada tanah galian itu.
2. Menempatkan terpal pada permukaan tanah (tak menggali tanah), dengan pertolongan rangka dari besi atau mungkin kayu, terpal dirangkai mirip bak.

  • Type pertama beban terpal tidak terlampau berat pada saat di beri air, sedangkan untuk type kedua mempermudah kita melakukan pergantian serta pembersihan kolam. Dengan selang kita dapat menyedot kotoran-kotoran kolam terpal dengan gampang. Pada budidaya ikan gurame sebaiknya kolam terpal yang sudah menumpuk kotoran ikan guramenya untuk segera dibersihkan atau dikeluarkan, supaya kesehatan serta kebersihan air terus terbangun.
  • Sesudah kolam terpal selesai di buat tahap selanjutnya yaitu isi kolam dengan ikan gurame, walau demikian sebelum  ikan gurame dimasukkan harus di pastikan terlebih dulu kolam dalam keadaan bersih dari penyakit serta beberapa zat berbahaya. Terpal memiliki kandungan unsur kimia dalam pewarnaannya, maka sebelum saat dipasang butuh dicuci serta dibikin bersih. Untuk membunuh patogen kolam yang sudah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Yakinlah bahwa ikan gurame yang bakal dibudidayakan tak memiliki kandungan bibit penyakit. Bila ada ikan gurame yang terserang penyakit butuh dikarantina terlebih dulu sebelum dimasukkan ke kolam.

Penebaran benih Ikan Gurame
  • Dipastikan benih gurame yang akan ditebar merupakan benih yang unggul. Selum ditebar, benih gurame diadaptasikan terlebih dahulu. Cara untuk negadaptasikan benih gurame adalah dengan cara benih gurame yang masih terbungkus dalam plastik serta tertutup rapat dimasukan kedalam kolam dan diamkan sampai mengembun (menandakan suhu air kolam dengan plastik sama). Kemudian tebar secara perlahan.

  • Ikan gurami merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan (herbivore) tetapi pada saat benih ikan gurame merupakan karnivora. Jadi pada saat benih diberikan pakan kutu air (Daphnia) atau cacing sutra. Dalam budidaya makanan pokok ikan gurami adalah pellet. Sebagai pakan alternative dapat diberikan daun-daunan. Ikan gurame diberi pakan 2 kali sehari dengan kandungan protein 25-30%. Berikut ini merupakan pakan untuk ikan gurame yaitu daun talas atau daun keladi, daun sente, daun singkong, daun kangkung , daun ubi jalar, aun papaya, labu, pakan buatan (pellet), jagung rebus, dedak, ampas tahu serta bungkil.

  • Dalam budidaya ikan gurame dalam terpal hal yang harus dihindari adalah  pemberian makanan yang berlebihan dan apabila ada makanan yang tersisa harus segera dibuang. Makanan serta kotoran ikan mengandung amoniak sehingga apabila berlebih akan menjadi racun bagi ikan gurame. Selain pakan yang diberikan secara frekuentif, kualitas air juga harus diperhatikan.  Walaupun ikan gurameh dapat bertahan pada air yang kurang baik namun perlu dibersihkan dan diganti (30% dari volume air)  secara periodik. Penggantian dilakukan dilakukan satu minggu sekali dengan melakukan shift pond kemudian air  dialirkan menggunakan selang atau pompa sehingga kotoran keluar melalui selang tersebut. Kolam diisi kembali dengan air baru. Akan lebih baik lagi jika kolam dilengkapi dengan aerator atau filter sehingga kadar oksigen akan selalu bertambah dan kotoran akan bersih secara otomatis.

  • Untuk budidaya selanjutnya kolam dibersihkan terlebih dahulu, kemudian ditambahkan kapur. Apabila kolam telah bersih, isi kolam tersebut dengan air dengan kedalaman 30-40 cm dan ditambahkan prebiotik. Tunggu beberapa hari sampai makanan alami tumbuh. Benih siap ditebar.

Budidaya Ikan Gurame Dengan Kolam Terpal

  • Untuk anda yang tidak mempunyai tempat yang cukup, Anda dapat membudidayakan ikan gurame dengan memakai kolam dari terpal. Ikan gurame pada intinya memerlukan air yang cukup. Pembuatan kolam dari terpal bisa menjadi alternatif bagi anda, jika kondisi lahan sempit.
  • Dalam pembuatan kolam sebaiknya juga memperhitungkan jumlah ikan yang akan dibudidayakan, jangan sampai jumlah ikan tidak sesuai dengan kapasitas kolam karena dapat membuat ikan menjadi stres. Untuk ukuran kolam 1 x 1 meter dengan kedalaman 90 cm kurang lebih dapat berisi 10 ekor gurame dengan berat 2. 5 ons.
  • Bila ikan gurame telah semaikn besar maka jumlahnya mesti di kurangi. Jika tidak maka dibutuh penambahkan filter air yang ideal, langkahnya yaitu dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke satu system penyaringan, sesudah melewati penyaringan air masuk kembali ke kolam.

Pemeliharaan Ikan Gurame

  • Ikan gurame di beri makan 2 kali dalam satu hari dianjurkan pada pagi maupun sore hari dengan pellet yang memiliki kandungan protein 25% s/d 30 Persen. Sebaiknya dalam memberikan pellet ikan nila dilakukan agak sering namun dengan jumlah pellet yang sedikit-sedikit, daripada diberikan makan sekali – dua kali namun jumlah pelletnya besar. Anda juga dapat menambahkan daun-daunan maupun sayuran sebagai makanan sampingan ikan gurame. Daun-daunan serta sayuran amat berguna untuk kesehatan serta perkembangan ikan guramih.
  • Pada budidaya ikan gurame dengan terpal ini, usahakan untuk menjauhi pemberian makanan yang terlalu berlebihan, bila ada makanan yang tersisa segera Anda buang. Perlu dicatat , makanan sisa serta kotoran ikan yang ada di kolam memiliki kandungan zat amoniak yang berbahaya bagi perkembangan ikan gurame karena memiliki sifat toksin atau racun. Oleh karena itu jaga kualitas air dalam kolam, karena akan mempengaruhi perkembangan ikan gurame. Berikan makanan ikan gurame secara teratur dan tidak berlebihan.
Panen

  • Setelah mencapai bobot konsumsi, saatnya pemanenan dilakukan. Pemanenan gurami sebaiknya dilakukan di pagi hari antara pukul 05.00 – 08.00 agar ikan tetap segar dan tidak stres.
  • Pemanenan dilakukan dengan cara membuang habis air kolam. Pintu pemasukan air ditutup dan pintu pengeluaran air dibuka. Air di dalam kolam dikeluarkan sampai batas tertentu dan gurame berkumpul di dalam kamalir. Penangkapan dilakukan menggunakna serokan atau alat sejenis yang tidak menyebabkan badan gurame terluka.
Dedmikianlah informasi lengkap Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Hasil Fantastis . Kunjungi juga informasi menarik lainya seperti Cara Tepat Budidaya Ikan Nila Untuk Hasil Fantastis .  Terimakasih 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Hasil Fantastis

0 komentar:

Poskan Komentar